SSIAGA TRANS
Kamis, 04 Maret 2021

𝗞𝗜𝗦𝗔𝗛 𝗦𝗢𝗦𝗢𝗞 𝗔𝗡𝗚𝗘𝗟, 𝗚𝗔𝗗𝗜𝗦 𝟭𝟵 𝗧𝗔𝗛𝗨𝗡 𝗬𝗔𝗡𝗚 𝗧𝗘𝗪𝗔𝗦 𝗗𝗜 𝗧𝗔𝗡𝗚𝗔𝗡 𝗠𝗜𝗟𝗜𝗧𝗘𝗥 𝗠𝗬𝗔𝗡𝗠𝗔𝗥!!

 


Gelombang demonstran menolak kudeta yang dilakukan militer Myanmar terus bergejolak. Terjadi pemberontakan di mana-mana yang membuat beberapa wilayah di Myanmar sangatlah tidak aman. Terbaru, muncul korban dari demonstrasi pada Rabu (3/3/3021).

Perempuan bernama Ma Kyal Sin atau akrab disapa Angel tewas ditempak oleh petugas militer Myanmar. Angel ikut dalam aksi unjuk rasa dengan mengenakan kaus yang curi perhatian. Ya, kaus yang dipakai Angel bertuliskan "Everything Will Be OK" (semua akan baik-baik saja).

Foto Angel viral dan membakar semangat perlawanan demonstaran kepada militer Myanmar. Myat Tu, demonstran yang bersama Angel, menceritakan, gadis muda itu punya keberanian luar biasa. Dia juga sempat menolong beberapa teman demonstran. Angel menendang pipa air agar para demonstran bisa cuci muka akibat serangat gas air mata militer.

Angel sempat juga mengingatkan Myat Tu agar hati-hati. Itu terjadi ketika polisi menembaki demonstran. Duduk, kamu bisa terkena peluru," kata Myat Tu menirukan Angel. Sebelum polisi menyerang, Angel sempat berteriak tak akan mundur.

"Jangan ada darah tertumpah," kata Angel ditirukan Myat Tu.

Myat Tu pun kaget setelah tahu kalau Angel menjadi korban kebrutalan aparat.

𝗣𝗲𝘀𝗮𝗻 𝗧𝗲𝗿𝗮𝗸𝗵𝗶𝗿 𝗶𝗻𝗴𝗶𝗻 𝗺𝗲𝗻𝗱𝗼𝗻𝗼𝗿𝗸𝗮𝗻 𝗼𝗿𝗴𝗮𝗻 𝘁𝘂𝗯𝘂𝗵𝗻𝘆𝗮

Saat ditemukan tewas, terdapat pesan di sebuah plastik anti air. Ia menuliskan golongan darahnya yakni B. Tulisan tersebut bertujuan agar darahnya bisa digunakan untuk donor darah yang membutuhkan.

Tidak hanya itu, ia juga menuliskan pesan ingin mendonorkan organ dalamnya untuk orang yang membutuhkan. "Jika saya terluka dan tidak dapat kembali ke kondisi yang baik, tolong jangan selamatkan saya. Saya akan memberikan bagian tubuh tubuh saya yang berguna kepada seseorang yang membutuhkan," tulis Angel.

𝗦𝗼𝘀𝗼𝗸𝗻𝘆𝗮 𝗮𝗱𝗮𝗹𝗮𝗵 𝗰𝗼𝗻𝘁𝗼𝗵 𝗿𝗲𝘃𝗼𝗹𝘂𝘀𝗶𝗼𝗻𝗲𝗿 𝘀𝗲𝗷𝗮𝘁𝗶

Kabar tewasnya mahasiswi bernama Ma Kyal Sin atau akrab disapa Angel berhasil menarik simpati dunia. Bagi banyak orang, Angel adalah contoh nyata revolusioner sejati. Banyak tweet dari netizen yang berikan dukungan untuk aksi perjuangan Angel yang sangat heroik tersebut.

Sosok Angel, aktivis muda Myanmar ini tewas ditembak oleh militer Myanmar saat berdemo.

𝗦𝘂𝗱𝗮𝗵 𝘁𝗲𝗿𝗱𝗮𝗽𝗮𝘁 𝟱𝟬 𝗸𝗼𝗿𝗯𝗮𝗻 𝗷𝗶𝘄𝗮

Sebelumnya diberitakan, Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Myanmar, Christine Schraner Burgener  melaporkan setidaknya 38 orang tewas di Myanmar Rabu (3/3/2021) ketika aparat keamanan menemnaki para demonstran untuk membubarkan massa aksi protes terhadap pemerintahan militer pada Rabu (3/3/2021).

Dia menyebut setidaknya 50 orang sudah tewas dan masih banyak warga sipil menjadi korban luka-luka sejak kudeta yang menggulingkan pemerintahan yang terpilih secara demokratis di bawah Aung San Suu Kyi.

#PrayForMyanmar

Sumber: Ensiklopedia Bebas