SSIAGA TRANS
Rabu, 10 Februari 2021

Inilah Cara Mengatasi Sellers JSON Google Adsense di Blog dan Website

Trasnparansi id penjual atau id penayang anda sangat diharapkan oleh Google Adsense untuk dipublikasikan. Ketika login di akun Google Adsensenya, umumnya akan ada tampil informasi seperti ini.


Informasi ini hanya sebagai saran dengan kata awal "Sebaiknya", dan bukan kata "Seharusnya", artinya bisa dipublikasikan, dan privasinya juga bisa memilih untuk tetap merahasiakan.

Pengguna Blogger


Bagi yang ingin mempublikasikan, langsung saja klik Aksi pada bagian bawah informasi, dan selanjutnya akan dibawa ke halaman visibilitas tinjauan untuk melakukan perubahan transparansi ke publikasi.


Selanjutnya pilih Transparansi, dan isi nama url blognya tanpa menggunakan http atau https. Bagi para pengguna blogger, untuk mempublikasikan id penayangnya, sampai di sini sudah selesai.

Pengguna Hosted


Beda halnya dengan pengguna hosted, artinya memiliki hosting sendiri. Maka langkah-langkah untuk mentransparansi id penayangnya adalah melakukan hal yang sama seperti pengguna blogger di atas, lalu di bagian isian domain sesuaikan dengan domain miliknya (misalnya namaanda.com, namaanda.net, namaanda.org).

Selanjutnya adalah memasang file sellers.json nya ke hostingan miliknya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Login ke hosting miliknya
2. Buka File Manager
3. Buka Direktori atau Folder public_html
4. Membuat file baru dengan mengklik New File, lalu di bagian title atau nama file, isi dengan sellers.json, dan di bagian isi, copy paste kode berikut.
"sellerId": "pub-1234567890123456", 
"sellerType": "PUBLISHER",
"name": "Example Company Inc."
Keterangan:
  • SellerId : Isi dengan pub-miliknya
  • SellerType : biarkan tetap sebagai Publisher.
  • name : Isi nama seller anda, atau nama usaha anda, dan jika tidak ada, isikan "personal" saja.
5. Terakhir klik Simpan untuk menyimpan file sellers.jsonnya.