SSIAGA TRANS
Minggu, 14 Februari 2021

Begini Cara Mendaftar SNMPTN 2021

Pendaftaran SNMPTN akan dibuka pada tanggal 15 - 24 Februari 2021, dan informasi ini dapat dilihat pada halaman resminya di sini .



Pendaftaran SNMPTN akan dimulai pada pukul 15.00 WIB dan menyesuaikan waktu setempat. Jadwal ini perlu dicatat baik-baik bagi calon peserta SNMPTN yang ingin mendaftar.

Bagaimana Cara Mendaftar?


Berikut adalah tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan ketika ingin mendaftar SNMPTN.

1. Login ke akunnya masing-masing di halaman Portal LTMPT (https://portal.ltmpt.ac.id/) atau bisa mengunjungi langsung Link SNMPTN (https://snmptn.ltmpt.ac.id/) menggunakan email dan password yang pernah digunakan mendaftar di Portal LTMPT.

2. Mengisi lengkap biodata orang tua pada halaman Profil.

3. Pada halaman pilihan, siswa mengisi prodi pilihan. 

4. Pada halaman portofolio, siswa mengisi portofolio jika prodi yang dipilihnya meminta adanya dokumen portofolio, dan abaikan jika prodi yang dipilih tidak memerlukan dokumen portofolio.

5. Pada halaman prestasi, siswa bisa mengisi prestasi sesuai bidangnya. Isian prestasi ini tidak wajib, siswa bisa mengabaikannya.

6. Selanjutnya siswa melakukan finalisasi jika semua data yang diisikan dianggap sudah benar. Setelah melakukan finalisasi, maka perubahan data lebih lanjut tidak bisa dibatalkan dan sudah tidak bisa melakukan pengentrian ulang.

7. Terakhir, silahkan unduh bukti registrasinya dan simpan filenya untuk diprint nanti jika dibutuhkan. selanjutnya menunggu Pengumuman Hasil pada tanggal 22 Maret 2021.


Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Mendaftar SNMPTN?


Yang paling perlu diperhatikan saat melakukan Pendaftaran SNMPTN adalah mencatat semua Informasi yang ada.

Pastikan biodatanya tidak ada yang salah dan yang paling sensitif di sini adalah Nama dan Tempat Lahir, usahakan tidak ada perbedaan singkatan dan penggunaan titik dengan biodata yang ada pada ijazahnya.

Perlu diingat bahwa ada 82 pilihan Perguruan Tinggi yang anda bisa pilih yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Setiap Perguruan Tinggi menawarkan masing-masing Program Studi unggulannya dan tentunya juga sangat beragam.

Kemudian siapkan portofolio bagi prodi pilihan yang mensyaratkan adanya portofolio. Pada saat mendaftar memilih prodi dan muncul header portofolio, itu berarti siswa diminta untuk mengupload file dokumen portofolio. Namun, tidak semua prodi pilihan meminta dokumen Portofolio. Lebih jelasnya saat siswa diminta untuk menyertakan Portofolio, di situ sudah disediakan instruksi atau petunjuk, dan siswa dapat mengunduh file dokumen instruksinya. Siswa juga dapat mengunduh petunjuk Portofolio pada link alternatif yang sudah disediakan.


LINK ALTERNATIF - DARI WEBSITE RESMI LTMPT