SSIAGA TRANS
Sabtu, 12 Desember 2020

Inilah Cara Menyelesaikan Isian Kuisioner EDS PMP 2020 - Covid 19 dengan Cepat !

Kesibukan yang sedang dialami oleh kebanyakan Operator dan Guru beserta Tendik Kepala Sekolah saat ini adalah menyelesaikan isian Kuisoner EDS PMP 2020 - Covid 19. Operator menfasilitasi Guru dan Kepsek demi kelancaran kegiatan ini, dan tentunya di kegiatan ini memang tidak pernah berjalan mulus.

Baru-baru ini kita dimanjakan dengan sebuah aplikasi sederhana Survei Offline yang bisa diinstal di perangkat smartphone tiap responden guru dan kepsek. Kendala terbanyaknya adalah di pengunduhan survei EDS nya. Belum mengisi survei, sudah terkendala di pengunduhan survei.

Karena dirasa tidak semudah dengan petunjuknya bagaimana mengisi EDS di smartphone anroidnya dengan menggunakan Survei Offline, kini kebanyakan Operator beralih ke metode lama, yakni metode LAN. Namun di metode ini, juga banyak mengalami kendala yang lain lagi. Misalnya, sebagian laptop Operator yang sudah menonaktifkan permanen windows defender, entah berantah setelah terhubung dengan jaringan LAN hingga aktif internetnya, windows defender tiba-tiba aktif kembali dan mengeksekusi script aplikasi EDS PMP 2020. Walhasil, jawaban responden yang sudah terisi sebelumnya, tidak bisa lagi diakses. Banyak hal yang dilakukan oleh Operator Sekolah untuk menyelamatkan isian kuisioner sebelumnya, ada yang berhasil dan ada yang harus menanggung untuk mengulang kembali pengisian jawaban kuisioner EDS PMP nya.

Jika anda adalah salah satu yang pernah mengalami masalah di atas, maka langkah selanjutnya pasti anda akan berpikir bagaimana menyelesaikan isian kuisioner EDS PMP 2020 dengan cepat. Kebetulan sekali anda berada di artikel ini, karena di artikel ini anda akan menemukan jawaban dari apa yang sedang anda keluhkan saat ini.

Apa yang Perlu Dipersiapkan?


Ada dua aplikasi smartphone yang harus anda gunakan. Aplikasinya bisa diunduh di PlayStore dan satunya lagi adalah aplikasi versi sebelumnya yang sudah tidak ditemukan lagi di PlayStore.

Aplikasi Pertama


Aplikasi ini punya kekurangan, yaitu setelah melakukan pengiriman jawaban kuisioner dalam format csv, isian biodatanya seperti NPSN, NUPTK/NIK dan Email sudah terkunci. Jadi, kita terkendala jika kita mau gunakan satu aplikasi untuk semua responden. Tetapi jangan khawatir, itulah sebabnya kenapa kita harus menggunakan dua aplikasi, karena di aplikasi keduanya kita akan melakukan pengentrian biodata responden.

Dapatkan aplikasinya melalui link berikut:

Aplikasi Kedua


Aplikasi ini adalah aplikasi versi sebelumnya, yakni sebelum dirilis aplikasi pertama di atas dan aps nya pun sudah tidak ditemukan lagi di PlayStore dengan nama aplikasi EDS SD Luring, EDS SMP Luring dan EDS SMA Luring. Kekurangan aplikasi ini adalah tidak bisa melakukan pengiriman jawaban ke dalam format csv.

Dapatkan aplikasinya melalui link berikut:

Nama kedua aplikasi di atas setelah diinstal adalah Instrumen EDS - SMA dan  Instrumen EDS SMA, hanya dibedakan dengan tanda garis datar "-". Begitu juga untuk aplikasi jenjang SD dan SMP.



Cara Menggunakan Kedua Aplikasi EDS di Atas


1. Jalankan Aplikasi Pertama di atas, kemudian isi biodata seperti NPSN, NIK/NUPTK, dan EMAIL responden. NIK/NUPTK, dan EMAIL yang diinput adalah yang terdaftar di Dapodik. Selanjutnya adalah mengisi kuisioner dan terakhir mengirim jawaban dalam format csv.

2. Setelah melakukan pengiriman jawaban, maka kolom isian biodata seperti NPSN, NIK/NUPTK, dan EMAIL akan terkunci. Selanjutnya tutup aplikasinya, kemudian jalankan Aplikasi Kedua. Di Aplikasi Kedua anda bisa mengentri isian Biodata responden 1 hingga responden 10. Setelah mengentri isian biodata responden, selanjutnya klik ikon save untuk menyimpan biodata.

3. Kemudian jalankan lagi Aplikasi Pertama, dan lihat di kolom isian bio yang sudah terkunci, biodatanya sudah berubah. Selanjutnya adalah ke bagian halaman akhir kuisioner dan lakukan pengiriman jawaban dalam format csv.

4. Lakukan langkah 2-3 di atas untuk tiap-tiap responden tanpa perlu mengentri isian kuisionernya lagi. Lalu upload file csv nya satu per satu ke dalam aplikasi EDS PMP 2020 - Covid 19. File csv yang diupload juga akan menimpa jawaban responden sebelumnya jika responden sudah pernah mengisi sebelumnya, dan cara ini 100% work.

Selamat, kini anda bisa menghemat banyak waktu untuk menyelesaikan semua isian kuisioner responden.

Perlu diingat! cara ini tidak efektif untuk menilai mutu pendidikan di sekolah anda, karena menggunakan 1 jawaban untuk semua responden.

Jika anda ingin isian kuisioner di sekolah anda benar-benar efektif, anda juga bisa memilih langkah dengan menggunakan Aplikasi Pertama di atas untuk diinstal di masing-masing anroid responden. Namun, bukan berarti langkah tersebut sudah tidak memiliki kendala lagi.

Admin sudah coba di beberapa perangkat smartphone, kebanyakan terkendala di RAM 3 GB ke bawah, aplikasinya lelet atau running nya lambat hingga ada yang tidak running atau tidak terbuka atau anda juga bisa membaca ulasan komentar di PlayStore pada Aplikasi Pertama di atas.

Akhirnya sekian dari admin, semoga artikel ini bisa membantu dan selamat mencoba!