SSIAGA TRANS
Selasa, 17 November 2020

Membuka File lso Instrumen EDS 2020 dan Mengalami Kegagalan atau Terbaca Warning

Tampilan yang anda lihat pada gambar berikut adalah masalah umum yang sering dialami oleh Kepala Sekolah dan Guru pada saat membuka file lso Instrumen EDS 2020 menggunakan aplikasi anroid survey offline. Jika ini adalah masalah umum, artinya fine-fine saja dan tidak perlu panik.



Sebelumnya kita bisa simak kembali "file lso nya dapat dari mana dan bagaimana cara mengisi kuisioner" dapat dilihat di sini! .


Jika masalah di atas saat ini anda mengalaminya juga, jangan terburu-buru tutup aplikasinya dan hilang semangat. Apalagi cari informasi permasalahan yang dialami terus tidak dapat solusi dan akhirnya sekalian diuninstal aplikasinya dari anroidnya, kemudian minta dikerjakan kuisionernya saja sama teman/rekannya yang berhasil, itu namanya ingin melempar bebannya kepada temannya.


Kita tidak bisa menebak situasi dan kondisi ke depannya. Mungkin saja temannya itu sangat sibuk dan banyak pekerjaan lain yang juga sudah diagendakan, kemudian permintaan anda untuk dikerjakan kuisionernya ditolak secara halus. Anda yang tadinya sangat berharap banyak, kini tambah down lagi.


Rekan-rekan yang lain juga jangan seolah-olah tutup mata juga, karena bagaimanapun pekerjaan ini adalah tugas bersama, dan kembali lagi kepada internal sekolahnya masing-masing bagaimana teknis pengerjaannya.


Lalu Bagaimana ?


Sangat perlu diingat bahwa anda bukanlah satu-satunya yang mengalaminya, kemudian hendak mengakses atau mengunduh survey di waktu yang bersamaan, maka yang terjadi adalah kegagalan seperti pada gambar di atas.


Jika seperti itu, kita gunakan waktu yang suntuk saja. Cari waktu yang anda rasa di jam-jam itu kurang pengguna yang mengaksesnya, kemudian perhatikan lagi gambar di atas. Lalu klik ikon Kelola Survei.



Kemudian klik lagi ikon Muat Ulang. Lakukan berkali-kali di waktu yang suntuk, anda pasti berhasil. Hal ini memang harus dilakukan berkali-kali atau berulang-ulang karena ada kemungkinan selain di permasalahan banyaknya yang mengakses, juga bermasalah pada jaringan internetnya. Jika demikian, pastikan jaringan internetnya full.

Nah, jika tampilannya sudah seperti gambar berikut, itu artinya anda berhasil mengunduh survey dan database DB nya.



Ketika survey dan DB nya berhasil dimuat atau berhasil diunduh ke dalam aplikasi survey offline, maka anda tidak perlu lagi menggunakan jaringan internet untuk mengisi kuisionernya. Di saat offline pun anda sudah bisa mengisi kuisioner EDS 2020.

Ada yang bertanya, "kenapa harus memilih waktu suntuk? begadang lagi dong akhirnya!...".

Waktu suntuk yang kita istilahkan di sini adalah waktu di mana para pengguna jaringan sangat sedikit yang melakukan pengunduhan survey dan database survey melalui aplikasi survey offline dari file lso instrumen nya. Jadi, bukan waktu di sepertiga malam saja, bisa jadi menjelang magrib juga sangat kurang pengguna yang melakukan pengunduhan survey dan database, maka manfaatkanlah waktu itu!

Semoga artikel ini bisa menjawab permasalahan yang sedang anda alami, sekian dari admin dan jika ingin membantu admin untuk membagikan artikel ini, cukup diklik saja tombol share yang telah disediakan di setiap bawah postingan.