SSIAGA TRANS
Rabu, 28 September 2016

Cara Backup dan Merestore Data Aplikasi PMP

Sebaiknya bagi OPS harus memiliki salinan data sebelum melakukan kirim data pada Aplikasi PMP, tujuannya ialah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti rusaknya data, beberapa data ada yang hilang sehingga mempengaruhi kinerja aplikasi, dan sebagainya. Tidak dianjurkan tapi akan menjadi masalah jika selalu mengabaikan langkah ini, dan tentunya akan mempengaruhi keprofesionalan anda dalam menangani data.

Berikut tips ringan dan siapa pun pasti mudah melakukannya dalam membackup dan merestore salinan data pada aplikasi dapodik :


CARA BACKUP DATA APLIKASI PMP

Amankan folder database dan dataweb yang ada dalam folder PMP ke tempat yang mudah anda ingat, mislanya disimpan di flashdisk ataukah anda ingin menyimpannya ke direktori D atau local D Komputer/Laptop anda.


Setelah kedua folder di atas diamankan, artinya anda sudah berhasil menyimpan data backup aplikasi PMP anda.


CARA MERESTORE DATA APLIKASI PMP

Kemungkinan setelah data anda diverifikasi dan melakukan kirim data, bebrapa fitur aplikasi anda tidak berfungsi ataukah setelah aplikasi anda diupgrade ke versi terbaru menjadikan data kuesioner anda hilang, maka satu-satunya jalan yang bisa anda lakukan adalah dengan merestore data yang sudah anda backup tadi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Tekan tombol Jendela dan tombol R secara bersamaan pada keyboard komputer/laptop anda sehingga muncul jendela Run


2. Ketikkan kata kunci services.msc untuk masuk ke layanan konfigurasi computer/laptop anda, lalu klik OK atau Enter.


3. Cari kata PMPDB dan nonaktifkan dengan mengklik Stop pada form yang ada di sebelah kiri jendela. Setelah itu cari lagi kata PMPWebSrv dan nonaktifkan dengan mengklik Stop pada form yang ada di sebelah kiri jendela.


4. Setelah itu, Copy Paste dan Replace data yang sudah anda backup tadi kembali ke dalam folder PMP di Local C

5. Lakukan lagi langkah 1 dan 2 di atas untuk menampilkan kembali jendela layanan konfigurasi komputer/laptop anda.

6. Cari lagi kata PMPDB dan aktifkan dengan mengklik Start pada form yang ada di sebelah kiri jendela. Setelah itu cari lagi kata PMPWebSrv dan aktifkan dengan mengklik Start pada form yang ada di sebelah kiri jendela.

Jika masih bingung, anda bisa melihat Video Tutorial di bawah


Data anda sudah berhasil direstore, silahkan login kembali ke aplikasi PMP anda dan pastinya anda akan mendapati data aplikasi PMP anda kembali seperti semula, seperti sebelum anda melakukan kirim data atau seperti anda sebelum mengupgradenya ke versi terbaru.