SSIAGA TRANS
Kamis, 29 September 2016

Beberapa Fitur Aplikasi PMP Tidak Muncul

Selain Permasalahan Error, beberapa operator juga sering mengalami kendala  tidak munculnya beberapa fitur di aplikasinya seperti fitur Kuesioner, Kirim Data dan juga kondisi kinerja komputer jadi melambat.


Hal-hal yang perlu diperhatikan dan bisa anda lakukan dengan masalah seperti itu adalah:

1. Gagal Install atau Instalasi Aplikasi Tidak Sempurna

Cobalah lakukan instalasi ulang dengan prosedur yang umum dilakukan oleh kebanyakan OP

2. Kinerja Sistem Komputer Anda yang lelet atau Lemot

Beberapa penyebab komputer anda kinerjanya jadi lelet atau lemot

- Terlalu banyak program yang terinstall
Kemungkinan anda kurang memperhatikan poin ini, anda mungkin sering menginstall software-software yang tidak terlalu penting bagi pekerjaan anda. Akibatnya, komputer anda menjalankan banyak sekali program pada saat komputer pertama kali dihidupkan. Tentunya sangat jelas ini sangat membebani komputer anda. Cara mengatasinya sangat mudah, anda bisa uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting pada control panel atau mendisable aplikasi tersebut agar tidak berjalan ketika komputer dihidupkan, caranya buka software Ccleaner, kmudian klik menu tool dan submenu startup, pilih salah satu aplikasinya yang dianggap tidak penting, lalu disable aplikasi tersebut.

Kemudian, anda juga bisa menguninstall program-program tidak jelas yang ada pada komputer anda melalui control panel. Masuk ke Control Panel, klik Uninstall Program, lalu pilih program yang tidak terpakai untuk di uninstall.

- Spesifikasi komputer lebih rendah dari spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi
Mungkin anda sangat merasa komputer anda memiliki kinerja yang bagus dan mulus tetapi pada saat membuka aplikasi tertentu, seperti aplikasi PMP pada komputer anda terasa sangat berat dan lambat, itu berarti aplikasi yang anda jalankan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Usahakan untuk melihat 'system requirement' aplikasi tersebut agar anda bisa membandingkannya dengan kemampuan komputer anda.

Spesifikasi komputer sudah terlalu jadul walaupun baru anda membelinya. Ini adalah kasus yang paling umum karena mungkin harganya murah. Spesifikasi komputer yang anda gunakan perlu diganti agar komputer bisa berjalan lancar. Usahakan komputer anda sudah menggunakan processor dual core dan ram minimal sebesar 2GB.

- Kerusakan pada komponen komputer
Komputer anda bisa melambat kinerjanya jika terjadi kerusakan pada komponen komputer, contohnya pada hardisk. Hardisk adalah komponen yang paling peka. Komputer anda akan berjalan sangat lambat sekali jika terjadi kerusakan Hardisk. Solusinya adalah mengganti dengan hardisk baru.

Masalah Komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk juga diantaranya adalah :
1. Hardisk low space
2. Hardisk yang terfragmentasi
3. Hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun
4. Hardisk error / bad sector

Cara mengatasi komputer lambat karena masalah pada hardisk di atas adalah:
1. Upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
2. lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
3. Hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
4. Perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.

Apabila Anda mempunyai budget lebih, disarankan untuk mengganti hardisk yang terpasang dengan SSD (Solid State Drive)

- Karena virus
Biasakan untuk selalu mengupdate database antivirus anda untuk menghindari serangan virus yang bisa memperlambat kinerja komputer anda.

Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer anda, tetapi tidak disarankan terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus.

Untuk masalah security windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan windows firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer misalnya Avast Antivirus serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.

- Temporary File yang sudah membengkak
Penyebab komputer lambat yang lainnya adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Lokasi file temporary ini adalah sebagai berikut:

Windows XP :  C:\Documents and Settings\\Local Settings\Temp
Windows 7    :  C:\Users\...\AppData\Local\Temp
Windows 8    :  C:\Users\...\AppData\Local\Temp

Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: "cleanmgr" lalu pilih drive yang akan di-cleanup. Selain itu Anda juga bisa mencoba software JetClean dan CCleaner untuk mempercepat komputer dengan cara membersihkan file-file dan registry yang tidak diperlukan.