SSIAGA TRANS
Rabu, 28 September 2016

Agar Aplikasi PMP Bisa Diakses Oleh Beberapa Laptop Atau Komputer

Aplikasi PMP adalah aplikasi yang hosting pada Server Lokal Laptop atau Komputer yang kompatibel dengan aplikasi Dapodik, dapat digunakan di jaringan offline maupun di jaringan online. Dalam suatu istansi mungkin mengangkat beberapa orang Operator untuk menangani data sekolah, yang kemungkinan begitu banyak pendataan yang harus dilakukan sehingga sangat mustahil untuk bisa diselesaikan dengan mengandalkan satu orang Operator.

Panduan kali ini, bagaimana menggunakan satu laptop sebagai Server Lokal, sementara laptop lain sebagai Client yang akan mengakses ke Server Lokal. Ini juga sangat memudahkan bagi Kepala Sekolah untuk memantau pekerjaan Operator dengan menjadikan Laptop Kepala Sekolah sebagai Server, artinya Aplikasi PMP diinstall di Laptop Kepala Sekolah. Sementara beberapa orang Operator adalah sebagai Client, hanya bisa mengakses lewat internet ke Server Lokal Laptop Kepala Sekolah. Atau terserah anda, kemungkinan Kepala Sekolah banyak pekerjaan maka Laptop TU sebagai server pun bisa dilakukan. Atau bisa juga satu orang operator sementara yang lainnya adalah guru-guru wali kelas yang sebagai Client.

Mengatur Jaringan Laptop Server (Laptop yang terinstall dengan Aplikasi PMP)

Pengguna Windows 7

1. Setelah tersambung ke Internet, masuk saja ke ControlPanel dan klik Network and Internet atau kata yang mirip seperti Network and Sharing Center, maka akan muncul jendela seperti gambar berikut. Silahkan klik Public Network.


2. Pilih Home Network


3. Sedang proses untuk menampilkan jendela pilihan yang akan dishare.


4. Pilih atau berikan centang pada apa saja yang ingin anda bagikan atau share ke laptop atau komputer client, kemudian klik Next.


5. Secara otomatis akan dibuatkan Password yang akan digunakan Client untuk mengakses Komputer Server jika diperlukan atau diaktifkan. Setelah Password dibuat segera diprint atau dicatat baik-baik agar tidak lupa. Selanjutnya klik Finish.



Pengguna Windows 8

1. Masuk ke ControlPanel dan klik Network and Internet atau kata yang mirip seperti Network and Sharing Center.


2. Maka akan muncul jendela seperti gambar berikut. Silahkan klik HomeGroup.


3. Klik kata Change what you're sharing with the homegrup.


4. Pilih apa saja yang ingin anda sharing pada HomeGroup, lalu klik Next.


5.  Jika anda menggunakan HomeGrup baru pertama kali, maka Password akan ditampilkan otomatis seperti langkah pengguna Windows 7 di atas, dan Klik Finish.


Cara Mengetahui IP Address Laptop Server

1. Tekan tombol jendela pada keyboard anda, kemudian ketik kata cmd dan Enter. Bagi Pengguna Windows 7 dan Windows 8 prosesnya sama, cuma tampilan start menu yang berbeda.


2. Sesaat kemudian akan tampil jendela Command. Ketikkan kata ipconfig dan Enter.


3. Hasilnya adalah seperti gambar berikut. Perhatikan baris IPv4 Address, itu adalah IP Adrress laptop atau komputer anda, yakni 192.160.1.111. Lebih tepatnya bukan IP Perangkat Laptop, melainkan IP Address jaringan Wireless LAN yang digunakannya.



Cara Komputer Lain (Client) Mengkases Komputer Server

Komputer Server dan Komputer Client harus memiliki sumber Wifi atau jaringan yang sama. Menggunakan jaringan yang bebeda tentunya tidak akan bisa berhasil.

1. Perhatikan alamat lokal yang digunakan Komputer Server ketika akses ke aplikasi PMP, dan tentunya alamat yang digunakan adalah http://localhost:1745

2. Ganti kata localhost pada alamat server di atas dengan IP Address Komputer Server menjadi http://192.160.1.111:1745. Alamat inilah yang akan digunakan oleh semua komputer dan laptop yang ada untuk mengakses aplikasi PMP pada Komputer Server.

Setiap entrian data yang dilakukan di laptop atau komputer client, perubahan datanya akan tersave di laptop atau komputer server.

Sumber : Agar Aplikasi Dapodik Bisa Diakses Oleh Beberapa Laptop Atau Komputer