SSIAGA TRANS
Sabtu, 18 Juni 2016

Mengentri Data Peserta Didik di Aplikasi Dapodik

Sebelumnya anda pernah mengentri Data Sekolah, Data Sarpras, dan Data PTK. Selanjutnya Mengentri Data Peserta Didik.

Ketika berhasil login di aplikasi dapodik anda, selanjutnya klik menu Peserta Didik. Beberapa kegiatan yang sering kita lakukan di aplikasi dapodik untuk pendataan Peserta Didik adalah menambah, menghapus, mengentri dan menyalin data periodik.

1. Menambah Peserta Didik

Jika data Peserta Didik anda masih kosong dan anda punya data periodik semester lalu, maka anda tinggal mengklik button Salin Data Periodik untuk memindahkan data periodik semester lalu ke semester sekarang. 

Jika anda ingin menambah siswa baru, cukup dengan mengklik button  Tambah, sehingga kotak form pengisian Peserta Didik baru ditampilkan.


Klik button Tambah lagi pada kotak form pengisian Data Peserta Didik baru, tampak seperti gambar di bawah. Fungsi kotak form di bawah sama seperti kotak form PTK bisa menjadi arsip data. Data Peserta Didik baru yang belum lengkap datanya cukup didaftarkan saja dan biarkan tersimpan di form ini tanpa perlu memindahkan datanya ke tabel utama seperti gambar di atas.

Setelah dirasa yakin bahwa Peserta Didik yang bersangkutan memiliki kelengkapan berkas untuk siap dipindahkan ke tabel utama, anda cukup mengklik button Pindahkan ke Tabel Utama.


Selanjutnya, anda diminta untuk mengentri kelengkapan data Peserta Didik baru anda. Silahkan diisi dan dilengkapi.


Jika dirasa semua data yang diinput sudah lengkap, selanjutnya klik Simpan dan Tutup pada bagian bawah kanan form isian.

Sekarang Data Peserta Didik baru anda sudah berhasil dipindahkan ke tabel utama.

Perhatikan gambar di bawah! Di situ ada tanda peringatan, tombol seru berwarna merah. Ikon seru tersebut muncul dikarenakan anda belum meregistrasi Peserta Didik yang bersangkutan. Silahkan blok nama Peserta Didik tersebut kemudian klik button Registrasi.


Pilih jenis pendaftaran, masukkan nomor induk siswa, tanggal masuk sekolah, program pengajaran, nomor peserta jenjang sebelumnya, nomor seri ijazah dan SKHUN terakhir, kemudian klik Simpan dan Tutup.


Selanjutnya anda bisa memeriksa kembali di tabel utama dari Peserta Didik yang bersangkutan, sekarang sudah tidak terdapat lagi ikon seru berwarna merah.

2. Mengentri Data Peserta Didik

Jika data Peserta Didik yang anda maksud dirasa masih belum lengkap datanya, anda tinggal memblok Peserta Didik yang anda maksud kemudian klik button Ubah, sesaat kemudian akan muncul form seperti gambar di bawah.

Silahkan rubah datanya yang anda anggap masih kurang tepat. Periksa juga data Peserta Didik yang berada di bagian form data rinci PTK di bagian bawah.


Jika Peserta Didik anda termasuk penerima BSM, silahkan pilih Ya di baris Penerima KPS kemudian masukkan nomor KPS nya dan pilih Layak PIP lalu masukkan alasan sehiangga dia layak PIP.

Layak PIP bukan hanya ditujukan kepada para pemegang PKH/KPS/KKS/KIP, tapi juga bisa ditujukan kepada anak yatim, siswa yang rumahnya terkena dampak bencana alam, siswa miskin, siswa yang tinggal di daerah konflik, keluarga terpidana, dan kelainan fisik.


Jika semua perubahan data dirasa sudah lengkap, selanjutnya klik Simpan untuk menyimpan hasil perubahan data anda.

3. Proses Bersama Kelulusan

Jika anda memiliki Peserta Didik yang sudah lulus, mutasi, dikeluarkan, mengundurkan diri, putus sekolah, wafat, hilang, dan sebagainya, maka silahkan dipilih semua nama siswa yang ingin diproses kemudian klik button Proses Bersama Kelulusan.


Selanjutnya akan tampil kotak form seperti gambar di bawah. Silahkan pilih alasan di baris Keluar karena, masukkan tanggal keluar sekolah, dan keterangan di baris Alasan jika memilih Lainnya di baris Keluar karena.


Selanjutnya klik Simpan jika sudah selesai. Data Siswa yang anda Proses Bersama Kelulusan, datanya akan digiring ke PD Keluar. Anda bisa melihatnya dengan mengklik menu bar PD Keluar.