SSIAGA TRANS
Selasa, 17 Mei 2016

Membuat Link Unduh File Materi Ajar, Materi Uji, dan Silabus Pada CMS Balitbang Diknas Hemat Disk Space Hostingan

Salah satu pertimbangan membuat link unduh menggunakan Disk Space hostingan adalah kekhawatiran kapasitas penyimpanannya full, apalagi seperti dokumen file yang ukuran per filenya minimal 1MB dan masih tergolong besar dibandingkan dengan ukuran file 1KB.

Tutorial ini diperuntukkan bagi yang ingin meminimalisir semua ukuran file di server hostingnya menjadi 1KB per file. Jadi, yang tadinya per file minimal 1MB menjadi 1KB per file, dan bisa dibayangkan penggunaan Disk Space sebesar 1MB sudah bisa menampung 1000 file.

Tutorial ini bukan berarti tidak menggunakan hostingan sama sekali yang harus menampung file-file anda yang minimalnya 1MB per file. Tetap ukuran filenya minimal 1 MB, namun hostingannya tidak menggunakan server hostingan pribadi. Hostingan yang digunakan untuk menampung ribuan file, bisa memanfaatkan pihak ketiga, dan tentunya yang paling kita lirik adalah Google Drive. Google Drive, Selain gratis, juga bisa dimanfaatkan untuk menampung file-file anda yang mungkin banyaknya ratusan hingga ribuan file.


Anda juga bisa membayangkan, ketika website sekolah anda dihacking oleh tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab, sementara file-file anda sudah sekian banyak yang sudah anda upload di hostingan anda. Kemungkinan anda punya data backup. Kalau ukuran file anda per file 1MB dan jumlah file anda sebanyak 1000, itu artinya ada sekitaran 1000MB yang harus anda upload ulang. Kecuali jika server hostingan anda memberikan layanan backup file data perhari, ini merupakan nilai plus untuk website sekolah anda.

Jika anda tertarik dengan tutorial ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Upload file dokumen anda di Google Drive

2. Setelah file anda diupload, selanjutnya setting file anda agar bisa diakses oleh publik.

3. Kemudian di bagian share file, mungkin anda mendapatkan link seperti ini.
https://drive.google.com/file/d/0B084yB0qfQgZEdmcWRCeWFUNkNHUndaaktpRXFKUQ/view?pli=1

4. Perhatikan teks berwarna merah pada langkah nomor 3 di atas (0B084yB0qfQgZEdmcWRCeWFUNkNHUndaaktpRXFKUQ), kode tersebut adalah id dokumen file anda atau merupakan kode unik dari file dokumen anda. Selanjutnya ubah linknya menjadi url seperti berikut.
https://drive.google.com/uc?export=download&id=0B084yB0qfQgZEdmcWRCeWFUNkNHUndaaktpRXFKUQ

5. Selanjutnya tempatkan link unduh anda ke teks yang berwarna biru pada kode script di bawah ini.
<html>
 <head>
 </head>
 <body>  
    <script type="text/JavaScript">
    function eventualRedirect(redirectTo, timeoutPeriod) {
    setTimeout("location.href = redirectTo;",timeoutPeriod);
    }
    </script>

    <script type="text/JavaScript">
    setTimeout("location.href = 'Tempatkan Link Unduh Anda Di Sini';",5000);
    </script>

    <script type="text/javascript">
    var min = 1;
    var sec = 0;
    var stw = sec;
    stw = 0;
    function count() {
    stw--;
    if (stw == -1) {
    min--;
    stw = sec;
    if (min <= -1) {
    min = 0;stw = 0;
    clearTimeout(calc);
    }
    }
    if (document.getElementById) {
    document.getElementById("stw_app").innerHTML=stw;
    }
    calc=setTimeout("count()", 1000);
    }
  
    if (document.all||document.getElementById)
    document.write(' <b id="stw_app">'+stw+' </b>');
    count();
    </script>
 </body>
</html>
Kode merah di atas menunjukkan lamanya hitungan mundur dalam hitungan menit, biarkan saja seperti itu. Kode yang berwarna kuning adalah durasi detik yang digunakan untuk menunggu munculnya kotak dialog unduh untuk memulai proses download.

6. Selanjutnya tempatkan semua script pada langkah nomor 5 di atas di dokumen notepad, kemudian save dalam format Hyper Text Markup Language (HTML). Anda bisa menggunakan Notepad++ untuk menyimpan script di atas dalam format HTML. Ukuran file yang digunakan hanya sebesar 1KB.

7. Setelah menyimpan script anda dalam format HTML, selanjutnya upload file HTML tersebut ke Website Sekolah anda CMS Balitbang Diknas. Untuk memastikan apakah script tersebut berfungsi, anda bisa mengunduh sendiri file HTML yang sudah anda upload untuk uji coba.

Jika anda cermat, maka tidak akan ada kesalahan karena cara ini sudah berkali-kali saya uji cobakan, dan walhasilnya scriptnya berfungsi.