SSIAGA TRANS
Rabu, 20 April 2016

Yang Perlu Dipersiapkan Dalam Pembuatan Website Sekolah


Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat Website Sekolah dengan bantuan CMS sangat perlu diperhatikan, apalagi jika anda adalah sebagai pemula. Jika anda tidak memiliki persiapan, tentunya rancangan web anda akan menjadi berantakan dan tidak akan kelar-kelar, hingga hanya sebatas rencana saja tanpa ada hasil. Adapun yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan Web Sekolah dengan bantuan CMS adalah sebagai berikut : 
  1. Persiapan CMS yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan CMS yang populer seperti CMS Joomla dan CMS Wordpress. Ada juga CMS Balitbang buatan anak bangsa asli indonesia dengan fitur-fitur informasi pendidikan yang sudah lengkap dan juga sudah digunakan di ribuan lembaga pendidikan.
  2. Persiapan Nama Domain. Merupakan hal yang paling perlu dipersiapkan sebelum anda membuat website. Sebuah nama domain yang baik haruslah mencerminkan lembaga atau instansi, misalnya pilihan domain untuk SD, SMP dan SMA menggunakan domain sch.id dan untuk Perguruan Tinggi menggunakan domain ac.id
  3. Persiapan Hosting Website. Sebuah hosting website adalah faktor yang amat penting selain faktor domain. Sebuah hosting website haruslah dapat menampung traffic website sesuai kebutuhan website anda. Selain itu faktor pelayanan teknis hosting juga menjadi pertimbangan, karena anda tidak akan pernah mengetahui kapan website anda akan terkena masalah.
  4. Persiapan Perangkat PC, Laptop, Notebook. Sebaiknya perangkat yang digunakan ini spesifiknya diperuntukkan untuk pengembangan web saja, dan bukan untuk hal yang lain, agar aksesnya semakin cepat dan aman.
  5. Persiapan OS (Operating System) dan Program File. Perangkat anda harus menggunakan OS yang ringan yang sesuai dengan komponen komputer yang anda gunakan, entah itu GNU jika mendukung, maupun windows. Beberapa program file atau aplikasi yang biasa digunakan untuk pembuatan web adalah desain grafis (photoshop dan coreldraw), dokumen (notepad dan ms office), xampp (tempat uji coba website), browser (mozilla firefox dan google chrome), dan multimedia (pemutar sekaligus editor audio dan video).
  6. Persiapan Menu Navigasi Web Sekolah. Anda harus punya rancangan tentang Web Sekolah yang ingin anda buat berupa menu navigasi apa saja yang akan digunakan.
  7. Persiapan Konten. Anda juga harus menyiapkan konten untuk melengkapi kebutuhan web sekolah anda, agar kelihatan lebih dinamis dan mencerminkan web sekolah.
  8. Siapkan Tim Khusus atau SDM Khusus. SDM Khusus juga sangat diperlukan untuk menginventarisir kebutuhan materi web sebelum memesan. Presentasikan dahulu secara konsep matang dan jadikan ini wajib sebelum memesan web. Buatkan sket tentang layout dan struktur web, sehingga web developer tidak salah tafsir dan multi intepretasi.
  9. Siapan Desain Web. Hal ini dibutuhkan sebagai bentuk pembanding atau menggunakan contoh. Jangan menggambarkan web dengan lisan, karena rentan terhadap perubahan ide yang spontanitas 
  10. Mungkin Masih banyak hal yang Perlu Dipersiapkan Dalam Pembuatan Web Sekolah, namun sembilan point di atas sudah sangat membantu. Jika anda sendiri adalah pengembang atau developer web, maka pada point delapan di atas, anda yang harus mengarahkan tim anda, dan jika memang tim tidak dibutuhkan, maka andalah satu-satunya yang harus selalu mau menerima saran dan masukan dari rekan-rekan dan juga dari atasan anda untuk pengembangan web sekolah anda.
Kesembilan point di atas akan membantu anda untuk menemukan dan memiliki konsep mengenai web sekolah yang ingin anda bangun dan yang terpenting web developer jangan dibebani mencari ide untuk mengisi konten web, sebab kerja sang developer hanyalah berkreasi dari gambaran web yang diberikan. Selebihnya, rekan-rekan gurulah yang mengisi kontennya, misalnya data siswa adalah tanggung jawab Admin/Operator Sekolah/Tata Usaha, RPP dan Silabus tanggung jawab masing-masing guru bidang studi, dan sebagainya, kerjasama guru dan staf sangat dibutuhkan.