SSIAGA TRANS
Senin, 25 April 2016

Mengentri Semua Isi Konten Website Sekolah CMS Balitbang Diknas

Sampai di sini anda telah mengganti header, mengganti background, mengganti ikon sidebar, dan mengganti favicon tab website sekolah anda, namun semua itu belumlah cukup, karena kebanyakan isi konten yang ada masih menggunakan identitas dan profil sekolah hasil rancangan si pemilik CMS Balitbang Diknas.

Anda harus mengubah dan mengentri semua isi konten, agar website sekolah anda menunjukkan identitas dan profil sekolah anda.

1. Kunjungi alamat http://localhost/cmsbalitbangv352/admin untuk masuk ke cpanel website sekolah anda. Kemudian masukkan username dan password anda yang sudah anda buat pada saat instalasai CMS Balitbang anda lakukan di server lokal sebelumnya.


2. Setelah login, anda akan berhadapan dengan jendela cpanel website sekolah anda. Ada banyak menu yang ditampilkan pada jendela bagian kiri. Di bagian menu Personal, anda bisa mengatur ulang email dan password anda.


3. Di bagian menu Fitur, silahkan dibuka sub menunya satu persatu, kemudian ubah semua isi konten yang ada, lalu digantikan dengan isi konten identitas sekolah anda melalui kolom Edit atau kolom HTML.


4. Di bagian menu SIM, anda bisa menginput data absensi, data BP/BK, data laporan, data materi, data nilai, dan data SPP/DSP.


5. Di bagian menu Sunting Admin, di sini anda bisa menambahkan admin, mengubah banner header, memasukkan link sahabat berdasarkan kategori, menginput data kelas, menginput nama mata pelajaran, mengatur posisi penggunaan menu dan modul, mengatur menu bar dan melengkapi profil sekolah, menginput jurusan dan program, menginput semester, menentukan tahun pelajaran, dan yang terakhir mengatur template menu.


6. Di bagian menu Data Guru, anda bisa menginput semua nama dan data GTK sekolah anda.


7. Di bagian menu Data Siswa, anda bisa memasukkan atau menginput semua data siswa sekolah anda.


8. Di bagian menu Member Komunitas, di sini semua yang terdaftar menjadi member di website sekolah anda, dapat anda kordinir dengan menghapus atau menambahkan member baru.


9. Di bagian menu Help, anda bisa melihat beberapa panduan yang dapat anda jadikan dasar untuk mengelola website sekolah anda.


Setelah semuanya dirasa yakin tidak ada yang terlewatkan, semua isi konten telah dirubah, maka selanjutnya adalah memindahkan semua script Website Sekolah anda ke server hosting online.