SSIAGA TRANS
Sabtu, 02 April 2016

Mengenal Tag HTML

Pada dasarnya komputer anda hanya mengenal dan memandang 'A' sebagai 'A', entah itu bold, italic, big ataupun small. Agar browser bisa membacanya maka diperlukan markup di depan A, dan markup itulah yang disebut Tag.

Semua Tag HTML tentunya diapit oleh dua lambang, yakni '<' dan '>'. Jika '<' dan '>' mengapit sebuah huruf 'b' sehingga tulisannya tampak seperti ini <b>, maka inilah yang disebut tag pembuka. Setiap ada tag pembuka maka harus ditutup dengan tag penutup, misalnya </b>. Jika antara tag pembuka dan tag penutup diletakkan sebuah kata 'tebal' sehingga tulisannya seperti ini <b>tebal</b>, maka browser anda akan membacanya tebal. Hasilnya, tulisan kelihatan tebal.


Setiap kode yang diapit '<' dan '>' maka apa pun setelah kode itu akan dibacanya berdasarkan kode yang diberikan, dan ketika kode tersebut berakhir diapit oleh '</' dan '>', maka ini menunjukkan bahwa browser harus berhenti menulis teks berdasarkan kode yang diberikan.

Misalnya tag <i>, apa pun yang ada di depan tag <i> akan ditampilkan miring, dan ketika diakhiri dengan tag </i>, maka semua yang ditampilkan miring berakhir di tag tersebut.