SSIAGA TRANS
Senin, 04 April 2016

Memindahkan Akses htdocs XAMPP ke Direktori lain

Setelah anda melakukan instalasi XAMPP, sebenarnya anda sudah bisa membuat nama database dan user database. Semua web anda sebelum dihostingkan ke server online dapat diujicobakan dengan menyimpan cms webnya di dalam folder htdocs yang berlokasi di C:\xampp\htdocs. Perhatikan gambar berikut, semua web anda harus di tempatkan di dalam folder htdocs.


Biasanya lokasi folder ini sering kali menyulitkan anda untuk menemukannya dan karena anda menginginkan instalasi program harus di direktori C, maka htdocs ini pun berlokasi d C. Kapasitas partisi hardisk untuk lokal C biasanya minim sehingga anda tidak mungkin untuk menyimpan semua file web anda di folder tersebut. Anda mungkin butuh ruang partisi hardisk yang memungkinkan untuk bisa menyimpan semua data web anda. Sehingga inilah satu-satunya alasan untuk memindahkan akses htdocs XAMPP ke direktori lain yang ruang hardisk nya cukup lumayan bisa menyimpan ratusan bahkan ribuan data web anda. Jika anda tertarik, ikuti langkah-langkah berikut :

1. Pindahkan folder htdocs ke direktori yang anda inginkan, misalnya di E:\.


2. Setelah foldernya dipindahkan, selanjutnya adalah mengubah setelan configurasi, silahkan masuk ke folder C:\xampp\apache\conf dan cari file httpd bertype CONF File.

 
Buka file tersebut dengan menggunakan notepade. cari kode yang terletak di baris 188 DocumentRoot "C:/xampp/htdocs" seperti gambar berikut :


Setelah anda mendapatkan kodenya, ganti kode tersebut dengan kode DocumentRoot "E:/htdocs", direktori E:/htdocs menunjukkan dimana folder htdocs anda berada.

3. Selanjutnya cari lagi kode seperti ini di baris 215 <Directory "C:/xampp/htdocs"> 


Setelah anda mendapatkan kodenya, ganti kode tersebut dengan <Directory "E:/htdocs">, lalu tekan tombol Ctrl+S untuk menyimpan data perubahan.

Selanjutnya tutup semua dokumen dan jendela yang terbuka, dan restart komputer anda untuk merasakan peubahannya.


Anda juga bisa menggunakan cara yang lain seperti gambar di atas, Jalankan Control Panel XAMPP kemudian klik tombol Stop untuk service Apache dan MySQL kemudian klik tombol Start kembali.