SSIAGA TRANS
Minggu, 24 April 2016

Cara Mempointing Domain Sendiri ke Hosting IdHostinger

Tutorial ini diperuntukkan bagi yang sudah memiliki domain sendiri. Jika belum punya domain sendiri, idHostinger juga memberikan layanan subdomain gratis yang dapat anda gunakan untuk instalasi website anda.

Berikut adalah cara menghubungkan atau mempointing domain sendiri ke hosting idHostinger.

1. Silahkan login di akun hosting id Hostinger anda. (Cara Mendaftar Hosting idHostinger di sini)

2. Silahkan pilih paket hsoting yang ingin anda gunakan. Jika anda pemula, saran admin sebaiknya gunakan dulu paket hsoting gratisan. Setelah anda mahir barulah mengupgrade hosting gratisan anda ke hosting premium atau hosting bisnis. Silahkan klik tombol Order yang ada pada pilihan paket hosting Gratis.


3. Klik form kosong yang ada di sebelah kanan Ubah Tipe Domain untuk mengubah tipe domain dari Subdomain menjadi Domain. Kemudian masukkan nama domain anda yang sudah anda sewa dan sudah anda miliki di kolom Domain. Misalnya dalam tutorial ini menggunakan nama domain schoolyapip-smaya.sch.id. Setelah itu, buat password baru anda di kolom Password dan ulangi password baru anda di kolom Konfirmasi Password, kemudian klik tombol Lanjutkan.

Kini akun anda telah berhasil dibuat, klik Domain anda di bagian Daftar Akun Hosting kemudian klik ikon Kelola bergambar gerigi roda.


4.  Perhatikan pernyataan yang ditampilkan.
Saat ini Domain anda belum mengarah ke namaserver kami sehingga layanan seperti email, ftp, file manajer, website builder dan lain-lain tidak bekerja dengan baik. Anda dapat menemukan detail namaserver kami pada menu Akun -> Detail. Proses untuk mengarahkan domain ke server membutuhkan waktu hingga 24 jam setelah namaserver kami diupdate pada domain anda.

Sebelum mengikuti pernyataan ini, alangkah baiknya gulir ke bawah halaman terlebih dahulu hingga menemukan pengaturan Tingkat Lanjut.


5. Setelah anda menemukan Pengaturan Tingkat Lanjut, silahkan klik bagian sub menunya DNS Zone Editor, tampak seperti gambar di bawah.


6.  Selanjutnya, gulir lagi halaman ke bawah dan cari form NS (Nameserver) seperti gambar di bawah. Setelah anda menemukannya, silahkan diedit dan ubah nama servernya atau hapus semua nama server yang ada, kemudian masukkan Nama Server Domain anda.


7. Selanjutnya, kembali ke point nomor 4 di atas. Anda diperintahkan untuk mengunjungi menu Akun -> Detail bagian kiri seperti gambar berikut, agar anda bisa melihat detail nama server hosting anda.


8. Perhatikan pernyataan yang ditampilkan.
Anda juga dapat mempoinkan domain anda ("A" DNS record) ke IP ini: xx.xxx.xx.xx

Copy IP tersebut dan pastekan ke server domain anda.


9. Buat record baru di server domain anda dengan mengklik tombol Add New Record, kemudian simpan hasilnya sehingga hasil akhirnya seperti gambar di bawah ini atau serupa dengan gambar di bawah ini. IP server Hosting anda pada point delapan di atas, dipasang di kolom Destination.



Sampai di sini anda sudah berhasil menghubungkan domain anda ke server hosting anda. Tunggu hingga 1 x 24 jam barulah paket hosting yang terpointing ke domain anda bisa digunakan.

Setelah domain anda terhubung ke server hosting anda, selanjutnya anda sudah bisa melakukan instalasi cms website apa saja di hostingan anda idHostinger.