SSIAGA TRANS
Rabu, 30 Maret 2016

Cara Mengganti Template Blogger

Mungkin anda pernah berkunjung ke sebuah blog dengan template yang jauh berbeda dengan template yang sedang anda gunakan, sehingga anda juga terbelit di hati berkeinginan untuk mengubah template blog anda. Seiring bergantinya hari demi hari manusia selalu mengalami perkembangan termasuk pengetahuannya tentang blog. Jika banyak tau, tentunya banyak pula keinginan untuk mengetahui lebih dalam lagi dari yang sudah diketahuinya.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengubah template blog anda, namun yang pastinya anda harus login terlebih dahulu ke dasbor blogger anda. Setelah berada di dasbor blogger anda, perhatikan gambar berikut
Di samping kanan judul blog anda ada ikon bergambar pensil, dan di sampingnya itu lagi ada ikon kertas yang di sampingnya terdapat tanda panah ke bawah. Klik tanda panah itu dan pilih Template.
1. Mengganti template dengan template bawaan blogger

Jika anda ingin mengganti template blogger anda dengan template-template yang disediakan oleh blogger, langsung saja diklik tombol Sesuaikan, dan anda pun akan dibawa ke Perancang Template Blogger.


Di sini selain anda bisa mengganti template anda, anda juga bisa mengubah latar belakang, menyesuaikan lebar, menata tata letak, dan lainnya di tingkat lanjut.

2. Mengganti template dengan template yang sudah anda unduh

Maksud dari point kedua ini adalah, jika anda pernah berkunjung ke suatu blog dan anda mendapatkan macam-macam template blogger, kemudian anda berhasil mengunduh salah satu template blogger yang menurut anda begitu menarik untuk digunakan di blog anda, maka dengan template itu, anda bisa menerapkannya di blog anda. 

Silahkan klik tombol nomor 2 Edit HTML pada gambar di atas, dan anda pun akan dibawa ke Editor HTML seperti gambar berikut.


Hapus semua kode yang ada dalam Editor HTML tersebut. Kemudian buka file template format xml yang sudah anda unduh tadi, lalu copy semua kode yang ada dalam file tersebut dan pastekan ke Editor HTML blogger anda, selanjutnya klik tombol Simpan Template. Selanjutnya lihat perubahan tampilan template blog anda.

Di Editor HTML itu juga, jika anda paham dengan bahasa program HTML, anda pun bisa mengubah beberapa kode yang ada sesuai dengan kebutuhan anda.

3. Menyesuaikan tampilan template di perangkat seluler

Lihat angka 3 pada gambar di atas, klik gambar roda geriginya dan sesuaikan tampilan template anda jika blog anda disimak melalui perangkat seluler.

4. Mengganti template dengan mengupload langsung file xml nya

Sama seperti point kedua, anda harus punya persiapan template yang ingin anda upload, kemudian klik nomor 4 cadangkan / Pulihkan pada gambar di atas dan akan muncul kotak dialog seperti ini


Di kotak dialog ini terdapat tiga tombol, pertama tombol Unduh template lengkap dan yang kedua tombol Telusuri dan tombol Unggah.

Setiap kali melakukan perubahan di bagian HTML template, sebaiknya anda unduh template lengkap anda terlebih dahulu dengan mengklik tombol Unduh template lengkap. Jika sewaktu-waktu anda berharap ingin kembali ke template sebelumnya, file template lengkap anda yang sudah anda unduh tadi bisa diupload kembali.

Jika anda ingin mengupload langsung template anda, langsung saja klik tombol Telusuri dan anda pun diperhadapkan dengan jendela eksplorer dari perangkat komputer atau laptop anda. Cari file template yang ingin anda gunakan. Setelah berhasil menemukan file templatenya, selanjutanya klik tombol Unggah, kemudihan lihat perubahan template blog anda.